Pekerjaan Setelah Lulus SI

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM  : 1119101029

Judul Materi : Pekerjaan Setelah Lulus SI

Disini saya akan menceritakan pekerjaan yang sesuai untuk saya setelah lulus di widyatama.

Jurusan saya adalah S1 sistem informasi, Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Program studi Sistem Informasi juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). Keduanya sama-sama mempelajari ilmu IT sebagai penjembatan dalam dunia bisnis. Sederhananya, mahasiswa SI dan MI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa nggak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.

Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah IT, namun tidak terlalu ingin mendalami seluk-beluk programming, atau malah ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen. Program studi ini juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tentunya membuka peluang profesi lulusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika sangat lebar. Lulusan SI atau MI memiliki prospek yang sangat bagus bekerja diberbagai instansi pemerintah dan perusahaan. Mereka dicari untuk kebutuhan membangun ataupun mengembangankan software yang bermanfaat untuk kelangsungan pekerjaan. Lulusan SI atau MI juga dapat bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control ataupun maintanance sebuah sistem di perusahaan maupun pabrik.

Jurusan sistem informasi dan teknik informatika beberapa tahun kebelakang merupakan jurusan yang cukup popular di Indonesia. Hal itu tidak lain dikarenakan dengan kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat.

Saya tertarik ingin menjadi database administrator dan UI/UX DEVELOPER , Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Ini akan berkaitan dengan programmer.

Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web /desktop/ mobile ). Mereka akan sangat mendetail sekali terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.

Terlebih saya menyukai UI/UX DEVELOPER karena saya menyukai desain dan merancang karena si bukan hanya mencakup kodingan yang menjadi fokus utama jika di teknik informatika.

Untuk kualifikasi database admininstrator ialah:

  • Menguasai teknologi database relasional seperti : Oracle, DB2, Ms. Access, Sybase dan lainnya
  • Kemampuan troubleshooting yang baik untuk menentukan kesalahan operasi database
  • Mampu memahami data dan penggunaannya
  • Manajemen proses yang baik untuk memecahkan masalah sangat dibutuhkan dalam hal ini
  • Berpikir kritis
  • Bisa menggunakan logika dan alasan untuk memecahkan masalah

 

Sekian penjelasan dari saya terimakasih.

NAMA MENTOR :

OKTAVIANO ARIOBIMO

NIKITA DESLIVIA

NAMA KORDIV : MUHAMMAD RIZKY NUGRAHA

WAKIL KORDIV : PUTRI NABILA NOVIYANTI

PJ MENTOR :

RAHMA ANJANI KHALID

WIEDHY RAMADHANSYAH

STAFF INTI :

SABILA FIRADESI

#MAHASISWA #BANDUNG #PRESTASI #GENERASIUTAMA

 

 

 

 

 

IDE KREATIF

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM  : 1119101029

Judul Materi : Ide Kreatif di Era Digital 4.0

Pemuda, memiliki kesemangatan, cita-cita tinggi, perjuangan yang disertai pemikiran hebat dan tubuh yang kuat. Pemuda, adalah bagian terpenting dalam perkembangan dan kemajuan desa, kecamatan, kabupaten/kota, daerah dan negara. Pemuda, yang dilihat oleh generasi berikutnya dan harapan para kaum dewasa.

Bangsa ini dipersatukan oleh pemuda, ketika pada masa itu, 28 Oktober 1928, mereka berikrar bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, untuk Indonesia. Mereka adalah para revolusioner perjuangan rakyat yang mempersatukan perjuangan bangsa. Tidak lagi untuk pulau sumatera, pulau jawa, pulau kalimantan dan sulawesi, ataupun irian jaya, akan tetapi untuk satu tanah air, Indonesia. Tidak sedikit pemuda gugur untuk bangsa.

Mereka, pemuda, adalah pemercepat proses kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Masih ingatkah, sebelum Bapak Proklamasi Mengumumkan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pemuda menjadi saksi sejarah dan pelaku peristiwa Rengasdengklok, peristiwa pengetikan teks proklamasi dan bendera Merah Putih untuk satu Indonesia.

Lantas, masihkah kalian mengingat peristiwa besar 20 tahun yang lalu dalam perubahan bangsa berikutnya? Ketika para pemuda mahasiswa bersatu, turun ke jalan, menjadi para reformist untuk perubahan dari orde baru. Mereka disatukan bukan dari asal mereka, tempat mereka mendapatkan keilmuan, atau bendera kampus yang mereka bawa. Pemuda adalah harapan untuk menjadi perubahan yang lebih baik.

Kemudian, ada istilah manusia membuat mesin untuk mengalahkan manusia lainnya. Istilah ini benar demikian adanya. Sudah berapa banyak manusia dirumahkan dari pekerjaannya dan digantikan mesin. Mesin akan selalu menjadi pesaing untuk para pemuda yang tanpa keahlian khusus. Oleh karena itu, manusia, khususnya pemuda, mampu memiliki keahlian khusus agar tidak digantikan mesin. Dengan demikian, pemuda diharapkan memiliki kreatifitas-kreatifitas dalam mengembangkan ide dan mewujudkan dalam keahlian atau produk-produk kreatif dalam jenis usahanya atau hal ini dikenal dengan istilah industri kreatif. Pemuda diharapkan tidak bergantung jenis profesi konvensional seperti menjadi pegawai negeri sipil, perbankan, BUMN dan lain-lain. Akan tetapi, pemuda mengembangkan minat, bakat dan gagasan-gagasan dalam industri kreatif.

Industri kreatif di era milenium saat ini, sangatlah berperan besar dalam perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. Bangsa yang besar dan maju diisi oleh pemuda-pemuda kreatif yang mampu menunjang di banyak sektor kehidupan. Dan industri kreatif sejalan dengan penguasaan teknologi yang juga semakin canggih.

Majunya industri kreatif sebanding dengan majunya teknologi. Industri kreatif menuntut penguasaan dan penggunaan teknologi dengan arus informasi yang cepat, berubah setiap saat dan dinamis. Teknologi yang maju, arus informasi yang cepat dan berubah serta dinamis ini menandai lahirnya generasi digital atau revolusi industri 4.0. Kehidupan saat ini tidak lepas dari masyarakatnya, khususnya mayoritas adalah pemuda, pengguna teknologi dan pelaku arus informasi. Saat ini, banyak sektor kehidupan terikat dengan arus informasi dan teknologi.

Menurut survey, pengguna teknologi terbanyak dari kalangan masyarakat adalah pemuda. Dan pelaku generasi digital atau revolusi industri 4.0 adalah pemuda. Oleh karena itu, pemuda diharapkan mampu untuk mengembangkan teknologi, tidak hanya sebagai penikmat teknologi, dan memanfaatkan dalam kemajuan industri kreatif.

Mendorong setiap mahasiswa mengikuti berbagai lomba akan membantu mereka berimprovisasi, menemukan ide-ide baru dan mengembangkannya, dan pada akhirnya ia akan menciptakan lapangan kerja baru untuk dunia.

Hal ini akan terwujud jika kepada mahasiswa diberi ruang yang luas untuk berpikir secara tak biasa, sehingga menghasilkan ide yang sama sekali baru.

Nama mentor  : 1) Oktaviano Ariobimo

           2) Nikita Deslivia

Nama Kordiv    : Muhammad Rizky Nugraha

Wakil Kordiv    : Purti Nabila Noviayanti

Pj Mentor        : 1) Rahma Anjani Khalid

          2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti           : Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

 

 

 

 

KEBANGGAAN MASUK FAKULTAS TEKNIK

Assallamualikum wr wb

perkenalkan nama saya Dimas Ridho Aqshal npm saya 111910102

Disini saya akan menceritakan kebanggaan saya menjadi fakultas teknik.

atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuanmatematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).

Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini kemampuan teknik manusia sudah tertanam secara natural. Hal ini ditandai dengan kemampuan manusia purba untuk membuat peralatan peralatan dari batu. Dengan kata lain teknik pada mulanya didasari dengan trial and error untuk menciptakan alat untuk mempermudah kehidupan manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mulai berkembang, dan mulai mengubah cara pandang manusia terhadap bagaimana alam bekerja. Perkembangan ilmu pengetahuan ini lah yang kemudian mengubah cara teknik bekerja hingga seperti sekarang ini. Orang tidak lagi begitu mengandalkan trial and error dalam menciptakan atau mendesain peralatan, melainkan lebih mengutamakan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.

Kebetulan difakultas teknik universitas widyatama saya mengambil jurusan S1 sistem informasi, Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Program studi Sistem Informasi juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). Keduanya sama-sama mempelajari ilmu IT sebagai penjembatan dalam dunia bisnis. Sederhananya, mahasiswa SI dan MI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa nggak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.

Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah IT, namun tidak terlalu ingin mendalami seluk-beluk programming, atau malah ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen. Program studi ini juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tentunya membuka peluang profesi lulusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika sangat lebar. Lulusan SI atau MI memiliki prospek yang sangat bagus bekerja diberbagai instansi pemerintah dan perusahaan. Mereka dicari untuk kebutuhan membangun ataupun mengembangankan software yang bermanfaat untuk kelangsungan pekerjaan. Lulusan SI atau MI juga dapat bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control ataupun maintanance sebuah sistem di perusahaan maupun pabrik.

Dan saya bangga menjadi bagian dari fakultas teknik dengan banyaknya prospek kerja dimasa mendatang dan terlebih kekompakan yang sangat terjamin dan berbagai proyek yang dikerjakan untuk berbagai jurusan di fakultas teknik akan menambah pengalaman kerja untuk melamar kerja.

 

Sekian penjelasan dari saya terimakasih.

NAMA MENTOR :

1)ARIOBIMO

2 )NIKITA DESLIVIA

NAMA KORDIV : MUHAMMAD RIZKY NUGRAHA

WAKIL KORDIV : PUTRI NABILA NOVIYANTI

PJ MENTOR :

1)RAHMA ANJANI KHALID

2)WIEDHY RAMADHANSYAH

Staff Inti :

SABILA FIRADESI

#MAHASISWA #BANDUNG #PRESTASI #GENERASIUTAMA

 

 

AKU DAN JAWA BARAT

AKU DAN JAWA BARAT

Awalnya Bandung (Jawa Barat) bukanlah tujuan utama ku untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.Dari dulu aku sangat ingin berkuliah di Universitas Brawijaya Malang,karena malang itu menurutku adalah sebuah kota yang masih kental akan budaya jawa nya. Tapi takdir membawa ku kesini,ceritanya begini,dengarkanlah..

Tamat SMA,semua mengikuti UTBK begitu pun aku. Nilai ku cukup memuaskan “521”. Dengan percaya diri aku memilih Sistem informasi di UB dan UNAND saat pendaftaran SBMPTN karena dilihat dari pasing grade aku yakin bisa. Namun takdir berkata lain, kedua Universitas tersebut memiliki peminat yang banyak sekali, aku tidak diterima karena mungkin banyak dari mereka yang nilai nya lebih tinggi dari ku.Pusing sih,gatau mau kuliah dimana lagi,orang tua pun juga menganjurkan untuk mencari perguruan tinggi swastaa atau ikut jalur mandiri negri.Tapi satu,aku gamau ngebuang buang uang untuk tes,dan capek juga buat belajar terus tes gajelas gitu.

Hari dimana hasil itu keluar dan aku dinyatakan tidak lulus,saya langsung mencari Perguruan Tinggi Swasta yang Sistem Informasi nya bagus dan masuknya bisa diluar jalur tes lah pokoknya,apapun itu seperti pakai nilai rapor atau pakai nilai UTBK. Aku memilih Universitas Widyatama dan kebetulan Widyatama menerima lewat jalur UTBK,sampai akhirnya aku diterima melalui Beasiswa Jalur UTBK.
Emang ini sangat kebetulan dan tanpa diduga,tapi gimana aku tetap harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.Sehari setelah aku dinyatakan lulus di Widyatama,aku langsung berangkat ke Bandung.I dont know Bandung but i must go to Bandung!

Sesampainya di Bandung,ternyata semua di luar dugaan ku.Kota ini indah kataku,aku sangat terkesan dengan orang orang Bandung yang ramah ramah dan juga halus gitu tutur bicaranya. “Dan Bandung bagi ku bukan cuma masalah gografis,lebih jauh dari itu melibatkan perasaan,yang bersama ku ketika sunyi” kata ini seolah terngiang di benak ku, memang benar Bandung lebih dari itu,disini di Bandung khusnya Widyatama,aku temui teman teman yang asik dan menyenangkan dan ditambah lagi aku melihat budaya sunda yang tak kalah dibanding jawa.

Disini di Bandung Jawa Barat,Ku lihat di sini juga masih aktif masyarakatnya mempertunjukkan angklung, I just know how to play angklung but I like playing it. Angklung adalah alat Musik multitonal yang secara tradisional berkembang di masyarakat Sunda.Alat musik angklung dibuat dari bambu,dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2,3,sampai 4 nada dalam setiap ukuran baik besar maupun kecil.Angklung juga terdaftar sebagai karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak november 2010.
Mungkin cuma sekian cerita ku dan jawa barat,hehehe cerita ku dan bandung sih lebih tepatnya,karena cuma masih Bandung yang baru aku singgahi di Jawa Barat.Mungkin nanti,kan ku lihat lebih banyak semua aspek atau hal tentang Jawa Barat,baik di Bandung maupun di daerah lainnya.Sekian dan terima kasih.

Nama Mentor   :  1) Oktaviano Ariobimo

                                    2) Nikita Deslivia

Nama kordiv     :  Muhammad Rizky Nugraha

Wakil chordin   :  Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor          :  1) Rahma Anjani Khalid

                                  2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti             :  Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

APA YANG BISA BERIKAN TERHADAP NKRI BERDASARKAN PANCASILA

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM   : 1119101029

Judul Materi : APA YANG BISA BERIKAN TERHADAP NKRI BERDASARKAN PANCASILA

 

    Begitu Miris jika pemuda di Indonesia tidaklah memiliki moral yang baik. Negara itu bisa maju dilihat dari bagaimana peran pemuda didalamnya. Peran pemuda bagi bangsa Indonesia sangatlah penting  dalam menumbuhkan rasa nasionalisme untuk membentengi diri dari berbagai ancaman yang bersifat radikalisme dan disini saya juga teringat hikayat Bung Karno Presiden Pertama Kita bahwa beliau pernah berkata ” Berikan aku sepuluh pemuda , Maka akan ku guncangkan Dunia”.

Dan Pemuda merupakan tongak penerus bangsa, Maka sudah menjadi tugas pokok kita sebagai pemuda dan penerus tonggak bangsa Indonesia sebaiknya menghindarkan diri dari hal-hal yang bersifat Radikalisme dan Tidak melupakan Ideologi yang sudah terkandung dalam Ideologi bangsa Indonesia sendiri yang semua itu akan dapat menghancurkan persatuan bangsa yang telah disatukan mati-matian oleh para leluhur kita terdahulu.

Pada saat ini yang terpenting adalah memberikan pembelajaran moral disetiap bidang pendidikan. Karena apa, karena moral pemuda saat ini sudah banyak yang melenceng dari ajaran moral.

Bisa dikatakan sudah tidak memiliki moral dalam setiap tindakan dalam segala perbuatannya. Perbuatan yang dilakukan hanya kehendaknya sendiri dan tidak memandang buruk atau baiknya perbuatan yang dilakukannya dan beresiko atau tidaknya dalam setiap tindakan yang dilakukannya.

Yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan (Nasionalisme) oleh bangsa Indonesia yang bertujuan untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia ,seperti yang tertera pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke IV.

Mempunyai banyak organisai kemasyarakatan yang dimiliki disetiap daerah maupun yang lainnya ,pasti disetiap visi nya ingin menjaga untuh NKRI, sebab bagaimanapun juga NKRI adalah warisan para ulama,habib ,dan tokoh terdahulu yang berjuang untuk menegakkan NKRI. Sehingga sudah menjadi keharusan kita sebagai tonggak penerus bangsa untuk menjaga NKRI serta melestarikannya supaya kita dapat saling bersatu dan menghormati satu sama lain walaupun berbeda-beda.

Disini kita juga harus faham mengenai negara kita ,Indonesia negara yang besar dan kaya memiliki 13 ribu pulau dan memiliki macam banyak suku yang Allah titipkan untuk Indonesia.

Di tahun 1945 Indonesia telah merdeka itu semua karena perjuangan para tokoh ,ulama ,  para pahlawan yang telah berjuang mati-matian demi menegakkan Indonesai sebagai negara yang merdeka ,walapun nyawa yang telah menjadi taruhannya. Selayaknya kita sebagai penurus bangsa sudah sewajibnya untuk menjaga keutuhan NKRI ini.

Indonesia yang memiliki berbagai macam suku ,ras dan budaya ,juga melahirkan adanya Pancasila dan Undnag-Undang Dasar 1945 , yang sampai detik ini adalah suatu bentuk Anugerah yang telah Allah SWT berikan.

Kita warga negara Indonesia telah bersepakat menetapkan Pancasila sebagai landasan Ideologi bangsa , namun pada era saat ini , Pancasila sudah mendapatkan berbagai ancaman dari Ideologi asing yang sangat tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia seperti ideologi liberal , Ideologi Komunis ataupun Ideologi Transnasional.

Ideologi Pancasila telah memandang manusia yang merupakan makhluk individu dan makhluk sosial.Pancasila  merupakan tatanan nilai yang digali atu dikristakisasikan dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang sudah sejak ratusan tahun lalu tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat di Indonesia (Bung karno, 1 Juni 1945). Kelima sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang hulat dan utuh, sehingga pemahaman dan pengalamannya mencakup semua nilai yang terkandung di dalamnya.

 

Nama Mentor   :  1) Oktaviano Ariobimo

                                                          2) Nikita Deslivia

Nama kordiv     :  Muhammad Rizky Nugraha

Wakil chordin   :  Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor          :  1) Rahma Anjani Khalid

                                                            2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti             :  Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

 

MASA DEPAN AKAN KU RAIH TANPA NARKOBA

MASA DEPAN AKAN KU RAIH TANPA NARKOBA

Narkoba adalah kepanjangan dari Narkotika dan Obat-obatan Terlarang. Narkoba menurut BNN adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Narkotika menurut UU RI No 22 / 1997, yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang memegang tongkat estafet perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu. Oleh karena itu, para generasi muda harus mempersiapkan diri sejak dini karena mereka akan melanjutkan perjuangan para pahlawan dan masa depan bangsa berada di tangan mereka. Pada zaman modern seperti sekarang, banyak tantangan dan ancaman yang dihadapi oleh generasi muda salah satunya adalah narkoba. Narkoba merupakan ancaman besar bagi generasi muda. Hal ini disebabkan karena narkoba dapat mempengaruhi psikologi dan fisik serta dapat merusak moral seseorang. Korban dari narkoba kebanyakan adalah pelajar dan mahasiswa. Bagaimana jadinya masa depan bangsa jika generasi penerusnya terjerumus ke dalam lembah hitam narkoba?.

Seiring dengan berjalannya waktu, penyebaran narkoba semakin lama semakin beragam. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang pesat membuat informasi mudah didapatkan termasuk tentang narkoba. Dampak dari pesatnya teknologi ini, salah satunya adalah mudahnya untuk mengakses informasi dengan cepat dan tanpa disaring terlebih dahulu. Ketika mendapat informasi dari internet atau televisi tentang narkoba, naluri seorang anak atau remaja yang selalu ingin tahu dan mencoba hal baru muncul dapat menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba.

Penyalahgunaan narkoba pada generasi muda khususnya memiliki dampak negatif, yaitu

  1. Sikap, perangai, dan kepribadian mengalami perubahan.
  2. Sering melakukan pelanggaran, seperti membolos.
  3. Emosi yang suka berubah-ubah, misal menjadi cepat marah dan mudah tersinggung.
  4. Sering mengantuk dan cenderung menjadi pemalas malas.

Saya sebagai anak muda berjanji :

  1. Menolak secara tegas penyalahgunaan dan peredaran narkoba.
  2. Bertekad untuk turut mendukung program pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya dalam pergaulan generasi muda.
  3. Mendukung dan mendorong lembaga atau instansi penegak hukum terkait guna menindak dan memberantas seluruh peredaran gelap narkoba.
  4. Siap menjadi relawan anti narkoba bagi sekolah, keluarga dan masyarakat demi terwujudnya lingkungan yang bebas dari narkoba.
  5. Saya sebagai generasi penerus bangsa akan meraih masa depan gemilang tanpa narkoba.

Upaya pencegahan dari penyalahgunaan narkoba juga dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah terjerumusnya anak dalam narkoba. Orang tua harus menanamkan ajaran-ajaran agama dan moral kepada anak sejak dini dan selalu memberi perhatian yang cukup. Anak-anak harus pandai dalam memilih siapa saja yang menjadi temannya. Di lingkungan sekolah, semua pendidik memberikan edukasi dan pemahaman tentang kepada siswa. Di lingkungan masyarakat, mengadakan kegiatan pembinaan anti narkoba seperti kampanye, penyuluhan, dan lain-lain. Media massa juga dapat berperan dalam pencegahan dari penyalahgunaan narkoba dengan membuat iklan masyarakat tentang bahaya narkoba bekerjasama dengan pemerintah.

Masa depan bangsa ada di tangan generasi muda. Oleh karena itu, para generasi muda harus melakukan kegiatan positif agar terhindar narkoba.    

“KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA!! SIAP IYA MASA DEPAN KAN KU RAIH TANPA NARKOBA!!”

 

Nama Mentor   :

1) Oktaviano Ariobimo

                           2) Nikita Deslivia

Nama kordiv     :

              Muhammad Rizky Nugraha

Wakil Kordiv     : 

Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor          : 

1) Rahma Anjani Khalid

                             2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti             : 

Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

 

DIJITU++

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM : 1119101029

Judul Materi : DIJITU++

DJITU++ di bagi dari kata kata (displin, jujur, inovatif, tekun,dan ulet, ditambah rasa memiliki dan keterbukaan, serta perbaikan terus menerus).

Arti dan cara menerapkan nya menurut saya :

  1. Disiplin menurut saya adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya dalam mematuhi peraturan yang berlaku. Cara saya menerapkan disiplin ialah tidak menganggap remeh segala sesuatu. Dan kita harus memiliki komitmen jika tidak memiliki komitmen tidak mungkin kita bisa melakukannya. Setelah itu kita berlatih terus agar kita bisa displin, contohnya orang jepang yang sudah dilatih dari kecil dalam segalah hal, dan lebih menonjol disiplin terhadap waktu,karena pembinaan karakter seseorang akan lebih mudah di bina sedari kecil.
  2. Jujur menurut saya adalah suatu kesesuaian sikap antara perkataan maupun perbuatan yang sebenarnya. Dan apa yang di ucapkan memang itulah yang sesungguh nya dan apa yang di perbuat itulah yang sebenarnya. Cara memulai sikap jujur menurut saya yaitu dengan hal kecil saja seperti tidak mencontek saat ujian dan berkata jujur apa adanya tanpa ada penambahan kata. Jujur merupakan kunci utama kehidupan bagiku. Namun ketika tidak jujur tidak hanya dosa,jiwa serta hati pun menjadi was was karena ada sesuatu yang mengganjal.
  3. Inovatif menurut saya adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Cara memulai untuk bekerja dengan inovatif menurut saya ialah memanfaatkan barang barang yang sudah tidak terpakai lagi atau yang bisa di sebut mendaur ulang. Contoh nya seperti botol bekas minuman air mineral dan bungkus bekas minyak goreng biasanya saya jadikan pot bunga atau hiasan. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan diri dalam kreatifitas.
  4. Tekun menurut saya adalah kemampuan bertahan dalam kesulitan. Dan tekun menerapkan kepada diri kita agar fokus pada satu tujuan.Contohnya jika kita ingin sukses dimasa depan kita harus tekun dari sekarang agar cita cita kita tercapai dan apa yang kita inginkan terwujud . Seperti di SMA bila ingin mendapatkan Perguruan Tinggi maka harus fokus pada tujuan tersebut serta hal ini juga akan mengembangkan ketekunan kita dalam meraih cita-cita.
  5. Ulet menurut saya hampir sama atau beda tipis dengan tekun, karena ulet merupakan kemampuan seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang akan di peroleh nya. Contoh nya bersikap disiplin dalam menyelesaikan sesuatu. Dengan kedisplinan, orang yang ulet memiliki target dan tujuan dalam menjalankan sesuatu yang bisa dibilang bekerja keras. Pantang menyerah lah salah satu cara yang dapat kita lakukan agar keuletan dapat tercapai.
  6. Rasa memiliki dan keterbukaan menurut saya yaitu sama seperti rasa persaudaraan dan persahabatan. Contoh nya dalam bergaul dengan berbeda wilayah maupun budaya ataupun lainnya,karena inilah yang disebut BHINEKA TUNGGAL IKA. Intinya apapun dan dengan siapapun kita tidak boleh memilih dengan siapa bergaul,mengerti dan menghargai suatu perbedaan merupakan salah satu sifat seorang pemuda Indonesia.
  7. Perbaikan terus menerus menurut saya yaitu sama seperti introspeksi diri karna kita harus memperbaiki diri kita menjadi leih baik lagi. Seperti mengevaluasi diri dalam kehidupan sosial,yang sebelumnya kita kurang menyadari akan nilai nilai moral baik dalam agama atau pun lingkungan,menjadi lebih baik lagi dengan cara paham bahwa setiap nilai moral di Indonesia ini memiliki tujuan yang baik dan memberi pengaruh positif bagi diri sendiri maupun orang lain

Nama Mentor   :  1) Oktaviano Ariobimo

                             2) Nikita Deslivia

Nama kordiv     :  Muhammad Rizky Nugraha

Wakil chordin   :  Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor          :  1) Rahma Anjani Khalid

                              2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti             :  Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

KESAN PPU DI WIDYATAMA

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM   : 1119101029

Judul Materi : Kesan PPU

 

Kesan PPU saya sangat banyak mulai dari ketemu teman teman baru dari berbagai macam daerah,mulai mengenal bahasa mayoritas sunda karena saya asli padang jadi kurang mengerti apa yang mahasiswa mahasiswi bandung bicarakan.Mengenal senior senior mulai dari mentor yang baik hati dan tidak sombong,pj mentor,dewan keisiplinan yang galak nya minta ampun susah senyum juga kalo disapa,tapi saya yakin aslinya mah mereka baik cuma itu profesional dalam bertugas saja.Saya juga jadi mengetahui Rektor Universitas Widyatama yang baru di lantik dan para jajaran staff nya.Di Widyatama saya merasakan kekeluargaan yang begitu terjaga,saya sangat terkesan dengan rektor nya yang memiliki visi yaang sangat luasm,begitu pun dengan para staff nya.Saya juga sangat terkesan dengan bangunan struktural yang ada di Universitas Widyatama.Begitupun dengan UKM nya,banyak ke menarikan yang saya lihat disana.

 

    Hari pertama PPU,masuk mulai jam 6 sampai jam 7 lalu dilanjutkan dengan berkumpul bersama teman teman kelompok.Setelah itu semua cama cami berkumpul di ruangan GSG.Disana acara nya juga sangat menyenangkan walau sedikit membosan kan.Setelah itu lanjut ke kelas,dikelas mulai dekat dengan teman teman dan para mentor,kak niki dan bang niko.Dikelas kami senang senang,ketawa ketawa,makan bersama.Saat jam pulang kami diberi tugas yang membuat semua maba mabi ngomel ngomel.

 

    Hari kedua PPU,saya telat karena grab pesanan saya hampir setengah jam baru datang.Sampai di UTama saya dihukum oleh akang teteh Dewan Kedisiplinan.Dimarahin,dihukum,dibentak lalu di nasehati,karena itu lah saya berpikir bahwa Dewan Kedisiplinan baik,itu cuma menjalankan profesional tugas nya sebagai bagian kedisiplinan.Setelah itu dilanjlutkan kegiatan di gedung GSG.Disana banyak kegiatan yang sangat menyenangkan.Mulai dari kata kata rektor yang sangat menginspirasi,penampilan dari Sanggar Angklung Ijo.Tak hanya penampilan,Sanggar angklung Ijo juga mengajak para cama cimi ikut memainkan angklung dan memainkan lumayan banyak lagu.Bagi saya itu sangat menyengkan karena saya mulai tahu sedikitnya tentang angklung.Lalu juga ada penampilan dari Widyatama Student Ambassador,mereka juga memberi info info tentang bagaimana caranya agar bisa jadi Widyatama Student Ambassador.Selanjutnya ada juga Utama Store bagi bagi merchandise.Jam 11.45 semua cama cami masuk ke kelas sesuai kelompok masing masing.Sama seperti hari pertama,kami dikelas juga bersenang senang.Bedanya dihari kedua para Dewan Kedisplinan masuk ke kelas untuk memeriksa dan menyita barang barang yang tidak diizinkan dibawa oleh maba dan mabi.

 

    Sekian kesan saya saat PPU Dari hari pertama hingga hari kedua.Intinya berada di area Uiversitas Widyatama itu sangat mengesankan dan menyenangkan bagii sayaa.Semoga PPU Universitas Widytama lancar dan menyenangkan hingga tanggal 7 agustus hari ke 12 PPU yang merupakan hari terakhir PPU.

 

Nama Mentor   :  1) Oktaviano Ariobimo

                                    2) Nikita Deslivia

Nama kordiv    :  Muhammad Rizky Nugraha

Wakil kordiv     :  Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor         :  1) Rahma Anjani Khalid

                                  2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti            :  Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

 

Why Widyatama

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM : 1119101029

Judul Materi : ALASAN MASUK WIDYATAMA

Alasan saya memilih Widyatama karena Universitas Widyatama menurut saya merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dibandung dan setelah tamat dari situ juga ada Widyatama karier yang mampu membantu lulusan Widyatama bersaing dalam dunia pekerjaan.Selain dari itu saya memilih Utama karena ini merupakan pilihan terakhir saya setelah tidak dapat masuk ke PT negri.Menurut saya pilihan masuk Widyatama merupakan pilihan terbaik,Utama buktinya mampu menorehkan prestasi prestasi yang apik.Cukup banyak yang membuat saya memilih widyatama,antara lain yaitu Kampus UTama merupakan kampus favorit di Bandung menurut koran tempo tahun 2014,20 kampus terbaik se-Indonesia,Widyatama juga berkerjasama lebih dari 30 perguruan nasional dan internasional,di Widyatama juga menjunjung budi luhur sehingga mahasiswa merasa nyaman.Selain itu sistem pembayarannya juga menjadi alasan untuk memilih kampus ini,uang pembangunan nya bisa dicicil,berbeda dengan kuliah swasta lainnya.Alasan lain nya juga karena rekomendasi orang tua disini.Saya lihat lulusan nya juga berkualitas dan banyak dicari perusahaan.Utama juga memiliki bangunan yang unik seperti ada tulisan I’Arc d’Academia,bagi saya itu penuh filosifi dan sangat berkesan saat saya pertama melihat universitas ini.Saya lihat UKM disana juga banyak yang menarik.Saya melihat universitas ini juga mahasiswa nya ramah dan sepertinya saya juga akan nyaman kuliah disini.Masih banyak hal lainnya yang membuat saya memilih Universitas widyatama.

Saya berharap disini saya bisa tumbuh dan belajar dengan baik,saya juga yakin kedepan nya Tama bisa dapat disegani di dunia Perguruan Tinggi baik negri maupun swasta,baik nasional maupun internasional.Sekian sudah alasan yang dapat saya jabarkan,terkurangnya semoga dapat di pahami,mudah mudahan ini dapat dipahami.

Ternyata cukup sulit membuat alasan sampai 500 kata.Yang jelas alasan pasti sekarang hati saya sudah tertinggal di widyatama.Saya ingin ikut serta dalam proses kejaaan yang ingin dicapai Universitas Widyatama.Amin ya Rabbal alamin.

 

Nama Mentor   : 1) Oktaviano Ariobimo

                                   2) Nikita Deslivia

Nama kordiv    :  Muhammad Rizky Nugraha

Wakil kordiv    :  Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor    :  1) Rahma Anjani Khalid

                             2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti    :  Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama

Cerita Perkenalan Diri

 

Perkenalkan nama saya Dimas Ridho Aqshal. Saya lahir Bukittinggi 13 Februari 2001. Dilahirkan dengan keadaan normal dan penuh ceria dari pasangan suami istri yang sah Syafrizal dan Dona Nasvera Nazar. Saya adalah anak pertama dari 3 orang bersaudara. Adik saya bernama Nadiva Nurul Ridho dan Duta Ridho Hakim.

Saya di didik dan dibesarkan oleh keluarga yang sederhana di sebuah kota kecil bersejarah yang bernama Bukittinggi. Juli 2006,saya dimasukkan ke salah satu taman kanak kanak favorit di sana. Selang satu tahun,saya bergabung dengan Sekolah Dasar Negri 21. Disana lah saya mulai tumbuh, mengenal ejaan dan hitungan serta ilmu pengetahuan lainnya. Masa SD saya adalah masa dimana saya mulai aktif mengembangkan bakat saya baik dalam hal akademik maupun olahraga. Saya pernah menjuarai olimpiade matematika tingkat kabupaten, juga dalam hal olahraga saya juga sering mewakili kota dalam ajang pertandingan sepak bola usia dini. 6 tahun menempuh pendidikan dasar, saya melanjutkan pendidikan saya di MTsn Negri 1 Bukittinggi, salah satu pendidikan tingkat SMP yang banyak diminati pelajar Bukitinggi. Masa SMP saya lalui dengan aktif di organisasi Pramuka dan Marching Band. 3 tahun setelah melalui masa SMP saya lulus dengan nilai lumayan memuaskan, SMP saya menjadi peraih rata rata UN terbaik se-Bukittinggi pada saat itu. Memasuki masa SMA, saya masuk sebuah sekolah negri yang bernama SMAN 3 Teladan Bukittinggi. Suka dan duka terjadi disana. Banyak yang saya pelajari dari diri saya, banyak hal hal baru yang saya sadari,entah itu logis apa tidak, tapi entahlah saya mulai mengenal jati diri saya walaupun masih labil sepertinya. Kelas 11 merupakan puncak dari segalanya, banyak yang berubah dari diri saya, saya mulai agak sedikit malas masuk sekolah tapi tugas tetap saya kerjakan, sedikit lucu tapi itulah pandangan saya, sekolah hanya untuk mencari nilai dan mendapatkan ijazah,selebihnya yang terpenting adalah pergaulan karena menurut saya pertemanan adalah guru terbaik, saling berbagi cerita, memahami seseorang dari sudut pandang mereka. Dengan itu saya dapat merasakan dunia itu luas,dunia tidak selalu tentang saya. Memicu saya untung tidak bersifat egois,sombong,dan sebagainya. Memasuki kelas 12 saya mulai mencari apa yang saya inginkan kedepannya untuk diri saya, banyak membaca, mencari info info,konsultasi tentang apa yang saya sukai. Dan fix saya ingin berkuliah di jurusan Sistem Informasi. Tamat SMA,semua mengikuti UTBK begitu pun saya. Nilai saya cukup memuaskan “521”. Dengan percaya diri saya memilih Sistem informasi di UB dan UNAND saat pendaftaran SBMPTN karena dilihat dari pasing grade saya yakin bisa. Namun takdir berkata lain, kedua Universitas tersebut memiliki peminat yang banyak sekali, saya tidak diterima karena mungkin banyak dari mereka yang nilai nya lebih tinggi dari saya. Hari dimana hasil itu keluar dan saya dinyatakan tidak lulus,saya langsung mencari Perguruan Tinggi Swasta yang Sistem Informasi nya bagus. Saya memilih Universitas Widyatama dan diterima melalui Beasiswa Jalur UTBK.

Sekian pengenalan diri dari saya. Terlebih dan terkurang saya ucapkan mohon maaf dan terima kasih. Terima Kasih untuk semua yang pernah terlibat dalam hidup saya.? Saya Dimas Ridho Aqshal berjanji akan memberikan semua yang terbaik untuk orang tua dan orang orang disekitar saya 🙂

 

Nama Mentor  : 1) Oktaviano Ariobimo

                                  2) Nikita Deslivia

Staf Inti.            : Sabila Firadesi

Pj Mentor         : 1) Rahma Anjani Khalid

                            2) Wiedhy Ramadhansyah

Nama Kordiv    : Muhammad Rizky Nugraha

Wakil Kordiv    : Purti Nabila Noviayanti

 

##widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama