Pekerjaan Setelah Lulus SI

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM  : 1119101029

Judul Materi : Pekerjaan Setelah Lulus SI

Disini saya akan menceritakan pekerjaan yang sesuai untuk saya setelah lulus di widyatama.

Jurusan saya adalah S1 sistem informasi, Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Program studi Sistem Informasi juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). Keduanya sama-sama mempelajari ilmu IT sebagai penjembatan dalam dunia bisnis. Sederhananya, mahasiswa SI dan MI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa nggak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.

Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah IT, namun tidak terlalu ingin mendalami seluk-beluk programming, atau malah ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen. Program studi ini juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tentunya membuka peluang profesi lulusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika sangat lebar. Lulusan SI atau MI memiliki prospek yang sangat bagus bekerja diberbagai instansi pemerintah dan perusahaan. Mereka dicari untuk kebutuhan membangun ataupun mengembangankan software yang bermanfaat untuk kelangsungan pekerjaan. Lulusan SI atau MI juga dapat bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control ataupun maintanance sebuah sistem di perusahaan maupun pabrik.

Jurusan sistem informasi dan teknik informatika beberapa tahun kebelakang merupakan jurusan yang cukup popular di Indonesia. Hal itu tidak lain dikarenakan dengan kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat.

Saya tertarik ingin menjadi database administrator dan UI/UX DEVELOPER , Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Ini akan berkaitan dengan programmer.

Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web /desktop/ mobile ). Mereka akan sangat mendetail sekali terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.

Terlebih saya menyukai UI/UX DEVELOPER karena saya menyukai desain dan merancang karena si bukan hanya mencakup kodingan yang menjadi fokus utama jika di teknik informatika.

Untuk kualifikasi database admininstrator ialah:

  • Menguasai teknologi database relasional seperti : Oracle, DB2, Ms. Access, Sybase dan lainnya
  • Kemampuan troubleshooting yang baik untuk menentukan kesalahan operasi database
  • Mampu memahami data dan penggunaannya
  • Manajemen proses yang baik untuk memecahkan masalah sangat dibutuhkan dalam hal ini
  • Berpikir kritis
  • Bisa menggunakan logika dan alasan untuk memecahkan masalah

 

Sekian penjelasan dari saya terimakasih.

NAMA MENTOR :

OKTAVIANO ARIOBIMO

NIKITA DESLIVIA

NAMA KORDIV : MUHAMMAD RIZKY NUGRAHA

WAKIL KORDIV : PUTRI NABILA NOVIYANTI

PJ MENTOR :

RAHMA ANJANI KHALID

WIEDHY RAMADHANSYAH

STAFF INTI :

SABILA FIRADESI

#MAHASISWA #BANDUNG #PRESTASI #GENERASIUTAMA