JENIS PEKERJAAN YANG COCOK UNTUK KITA SAAT LULUS NANTI

Assalamualaikum Wr.Wb

Perkenalkan nama saya Dimas Ridho Aqshal. NPM 1119101029. Prodi Teknik. Asal saya dari Bukittinggi. Riwayat pendidikan saya : SDN 21 Taluak, MTsn 1 Bukittinggi, SMAN 3 Bukittinggi. Disini saya akan membagikan sebuah artikel tentang jenis pekerjaan yang cocok untuk kita saat lulus nanti.

Jurusan saya adalah S1 sistem informasi, Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Keduanya sama-sama mempelajari ilmu IT sebagai penjembatan dalam dunia bisnis. Sederhananya, mahasiswa SI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa nggak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.
Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah IT, namun tidak terlalu ingin mendalami seluk-beluk programming, atau malah ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen. Program studi ini juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tentunya membuka peluang profesi lulusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika sangat lebar. Lulusan SI atau MI memiliki prospek yang sangat bagus bekerja diberbagai instansi pemerintah dan perusahaan. Mereka dicari untuk kebutuhan membangun ataupun mengembangankan software yang bermanfaat untuk kelangsungan pekerjaan. Lulusan SI atau MI juga dapat bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control ataupun maintanance sebuah sistem di perusahaan maupun pabrik.
Jurusan sistem informasi dan teknik informatika beberapa tahun kebelakang merupakan jurusan yang cukup popular di Indonesia. Hal itu tidak lain dikarenakan dengan kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat.
Saya tertarik ingin menjadi data analisis , data analisis profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, dan menganalisa suatu data untuk di cek oleh data analisisnya.
Data analisisr juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.
Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web /desktop/ mobile ). Mereka akan sangat mendetail sekali terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.
Terlebih saya menyukai data analisis karena saya menyukai desain dan merancang karena si bukan hanya mencakup kodingan yang menjadi fokus utama jika di teknik informatika. Saya juga akan belajar mendesain sesuatu agar mempunyai skill lain selain data analisis.
Saya sangat ingin menjadi data analis karena Data Analyst bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen. Setiap bisnis mengumpulkan data, baik data penjualan, riset pasar, logistik, atau biaya transportasi. Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Hal ini dapat berarti menentukan harga produk baru yang akan diluncurkan, menemukan cara untuk mengurangi biaya transportasi, memecahkan masalah yang menimbulkan biaya besar bagi perusahaan, atau menentukan berapa banyak pegawai yang harus bekerja pada hari Sabtu.
Pada prakteknya, terdapat berbagai macam Data Analyst dilingkungan pekerjaan seperti Operations Analysts, Marketing Analysts, Financial Analysts, dll.

Nama Mentor : 1. Oktaviano Ariobimo
2. Nikita Deslivia
Nama Kordiv : Muhammad Rizky Nugraha
Wakil Kordiv : Putri Nabila Noviyanti
PJ Mentor : 1. Rahma Anjani Khalid
2. Wiedhy Ramadhansyah
Nama Staff Inti : Sabila Firadesi
#Widyatama #Mahasiswa #Bandung #Prestasi #GenerasiUtama