DIJITU++

Nama : Dimas Ridho Aqshal

NPM : 1119101029

Judul Materi : DIJITU++

DJITU++ di bagi dari kata kata (displin, jujur, inovatif, tekun,dan ulet, ditambah rasa memiliki dan keterbukaan, serta perbaikan terus menerus).

Arti dan cara menerapkan nya menurut saya :

  1. Disiplin menurut saya adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya dalam mematuhi peraturan yang berlaku. Cara saya menerapkan disiplin ialah tidak menganggap remeh segala sesuatu. Dan kita harus memiliki komitmen jika tidak memiliki komitmen tidak mungkin kita bisa melakukannya. Setelah itu kita berlatih terus agar kita bisa displin, contohnya orang jepang yang sudah dilatih dari kecil dalam segalah hal, dan lebih menonjol disiplin terhadap waktu,karena pembinaan karakter seseorang akan lebih mudah di bina sedari kecil.
  2. Jujur menurut saya adalah suatu kesesuaian sikap antara perkataan maupun perbuatan yang sebenarnya. Dan apa yang di ucapkan memang itulah yang sesungguh nya dan apa yang di perbuat itulah yang sebenarnya. Cara memulai sikap jujur menurut saya yaitu dengan hal kecil saja seperti tidak mencontek saat ujian dan berkata jujur apa adanya tanpa ada penambahan kata. Jujur merupakan kunci utama kehidupan bagiku. Namun ketika tidak jujur tidak hanya dosa,jiwa serta hati pun menjadi was was karena ada sesuatu yang mengganjal.
  3. Inovatif menurut saya adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Cara memulai untuk bekerja dengan inovatif menurut saya ialah memanfaatkan barang barang yang sudah tidak terpakai lagi atau yang bisa di sebut mendaur ulang. Contoh nya seperti botol bekas minuman air mineral dan bungkus bekas minyak goreng biasanya saya jadikan pot bunga atau hiasan. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan diri dalam kreatifitas.
  4. Tekun menurut saya adalah kemampuan bertahan dalam kesulitan. Dan tekun menerapkan kepada diri kita agar fokus pada satu tujuan.Contohnya jika kita ingin sukses dimasa depan kita harus tekun dari sekarang agar cita cita kita tercapai dan apa yang kita inginkan terwujud . Seperti di SMA bila ingin mendapatkan Perguruan Tinggi maka harus fokus pada tujuan tersebut serta hal ini juga akan mengembangkan ketekunan kita dalam meraih cita-cita.
  5. Ulet menurut saya hampir sama atau beda tipis dengan tekun, karena ulet merupakan kemampuan seseorang untuk mencapai suatu tujuan yang akan di peroleh nya. Contoh nya bersikap disiplin dalam menyelesaikan sesuatu. Dengan kedisplinan, orang yang ulet memiliki target dan tujuan dalam menjalankan sesuatu yang bisa dibilang bekerja keras. Pantang menyerah lah salah satu cara yang dapat kita lakukan agar keuletan dapat tercapai.
  6. Rasa memiliki dan keterbukaan menurut saya yaitu sama seperti rasa persaudaraan dan persahabatan. Contoh nya dalam bergaul dengan berbeda wilayah maupun budaya ataupun lainnya,karena inilah yang disebut BHINEKA TUNGGAL IKA. Intinya apapun dan dengan siapapun kita tidak boleh memilih dengan siapa bergaul,mengerti dan menghargai suatu perbedaan merupakan salah satu sifat seorang pemuda Indonesia.
  7. Perbaikan terus menerus menurut saya yaitu sama seperti introspeksi diri karna kita harus memperbaiki diri kita menjadi leih baik lagi. Seperti mengevaluasi diri dalam kehidupan sosial,yang sebelumnya kita kurang menyadari akan nilai nilai moral baik dalam agama atau pun lingkungan,menjadi lebih baik lagi dengan cara paham bahwa setiap nilai moral di Indonesia ini memiliki tujuan yang baik dan memberi pengaruh positif bagi diri sendiri maupun orang lain

Nama Mentor   :  1) Oktaviano Ariobimo

                             2) Nikita Deslivia

Nama kordiv     :  Muhammad Rizky Nugraha

Wakil chordin   :  Purti Nabila Noviayanti

PJ Mentor          :  1) Rahma Anjani Khalid

                              2) Wiedhy Ramadhansyah

Staff Inti             :  Sabila Firadesi

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasiutama